Tips Mengoptimalkan Blog

Tips Mengoptimalkan Blog - Kecepatan loading page sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyaman pengunjung yang datang ke blog anda. Loading blog yang lambat dapat mempengaruhi kenyamanan pengunjung blog. Jangan sampai pengunjung menutup page blog anda dan berpindah ke blog yang lain hanya karena blog kita sangat lambat ketika dibuka, walaupun hanya beberapa detik saja.

Faktor kecepatan koneksi juga mempengaruhi page loading blog kita, meski kita berpikir kalau blog kita dapat di load secepat kilat di komputer kita sendiri, tapi tidak begitu kan dengan koneksi pengunjung.

Berikut Tips Mengoptimalkan Blog agar bisa tampil lebih cepat

Buang Spasi kosong pada kode HTML

Melakukan kompresi pada kode HTML, XML atau PHP teknik ini dilakukan dengan cara membuang spasi yang tidak berguna atau tidak berpengaruh pada hasil yang dibuat kode-kode tersebut. Kompresi juga dilakukan dengan cara sama yaitu membuang spasi kosong pada barisan kode javascript dan CSS.

Lakukan Kompresi CSS (Stylesheet)

Memadatkan coding CSS juga dapat menghemat waktu untuk memparsing dan mendownload kode Untuk mempermudah melakukan kompresi pada CSS, silahkan menggunakan tools yang sudah banyak disediakan seperti YUI Kompresor dan cssmin.js

Letakkan CSS (Stylesheet) di Atas

Adakalanya kita tidak meletakan CSS di bagian header, Cara ini digunakan biasanya untuk membuat Style tunggal untuk gaya tertentu pada widget. Disarankan bagi anda sebaiknya memanggil semua kode CSS pada halaman HEAD entah itu CSS Internal maupun CSS External semuanya sebaiknya dijadikan satu pemanggilan dalam Header.

Buang CSS (stylesheet) yang tidak perlu

Terlalu banyak kode CSS percuma yang harus diproses namun tidak dieksekusi sama sekali ini akan sangat mengganggu dan menghambat proses rendering yang seharusnya lebih cepat.

Kombinasi CSS (stylesheet) dalam file eksternal

CSS internal memiliki kekurangan yaitu terjadinya pembengkakan kapasitas ukuran pada besarnya halaman. Disarankan untuk melakukan pemanggilan kode CSS melalui akses eksternal, lebih bagus lagi jika melakukan kombinasi semua kode CSS dalam satu file saja.

Tips Mengoptimalkan Blog pada penggunaan gambar

Blog dinamis tanpa gambar tidak akan menarik, namun penggunaan gambar yang berlebihan akan menjadi masalah ketika browser melakukan download pada halaman blog. Pertimbangkan untuk mengurangi gambar yang tidak perlu. Sebaiknya menghindari penggunaan gambar yang besar. Penggunaan gambar besar yang tidak bias dihindari sebaiknya melalui proses kompresi terlebih dahulu pada gambar besar tersebut.

Buang gadget yang tidak diperlukan


Gadget yang terlalu banyak hanya membuat halaman jadi semakin berat, apalagi gadget tersebut tidak begitu berguna. Sebaiknya kita periksa lagi sekiranya ada gadget yang tidak bermanfaat seperti kursor bersalju, animasi daun berguguran, animasi meteor jatuh. Jika hanya itu apa gunanya, jadi sebaiknya dihilangkan saja agar saat loading halaman blog jadi tidak terlalu lama.

Demikianlah Tips Mengoptimalkan Blog agar blog kita tidak hanya tampil lebih indah namun dapat diakses dengan cepat, sehingga memberikan pengalaman yang baik bagi para pengunjung.

Artikel Menarik Lainnya

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan jejak Anda dikomentar ini.
Kami membutuhkan kritik dan saran Anda untuk kemajuan Blog ini.
Terima kasih sudah berminat untuk meluangkan waktu berkomentar disini, semua kritik dan saran Anda akan saya dengarkan untuk memajukan Blog ini.
Gunakan name/url untuk berkomentar.
Anonymous = Spam

.
.
.
.
.

---->>Alexa<-----

---->Histats<----

Link Sobat