Tips Menulis Artikel Untuk Blog

tips menulis artikel

Tips Menulis Artikel kali ini mencoba memandu sobat-sobat yang kesulitan ketika mencoba menulis artikel di blog sobat. Sedangkan kita ketahui untuk mendapatkan blog yang memiliki trafik atau pengunjung yang banyak, syarat utamanya adalah memiliki banyak artikel yang bermanfaat.

Banyak pemiliki blog mengeluhkan bagaimana sulitnya membuat sebuah artikel untuk blog mereka, padahal jika ingin telaah lebih dalam, menulis artikel sebenarnya tidak sesulit yang sobat bayangkan. Namun kita juga perlu mengerti beberapa panduan bagaimana menulis artikel yang baik dengan mudah. Coba sobat perhatikan panduan tips menulis artikel dibawah ini.

Artikel sebaiknya memiliki struktur dan penekanan pada setiap alinea

Alinea Pertama
Alinea ini sebaiknya memiliki kata-kata yang dapat menarik perhatian pembaca. Hal-hal yang penting dan menonjol dari sebuah artikel sebaiknya di tulis pada alinea pertama

Alinea kedua
Masukan segala bentuk penguraian informasi dan pemaparan data secara objektif di alinea kedua. Intinya pada alinea ini kamu menuliskan rincian dari penjelasan dari artikel yang kamu tulis. Usahakan gunakan kalimat yang sederhana agar penjelasan kamu dapat dengan mudah di tangkap dan dibaca oleh pengunjung.

Alinea ketiga
Di alinea ini kamu memaparkan berbagai argumen yang dapat memperkuat rincian penjelasan kamu di alinea kedua. kemukakan semua informasi yang memiliki keterkaitan dengan artikel kamu.

Alinea ke empat.
Berikan solusi dari masalah yang kamu angkat pada topik bahasan artikel kamu. Rincikan secara jelas solusi itu dengan bahasa yang sederhana.

Empat langkah diatas sebenarnya hanya sekedar panduan bagaimana kita membuat alur sebuah artikel yang akan kita tulis. Tapi saran saya jangan pernah terpaku pada panduan diatas. Kamu dapat mengembangkannya dengan gaya penulisan kamu sendiri.

Tips menulis artikel dengan cara mudah

Tentukan tema, usahakan ambil tema yang kamu kuasai, ini penting agar jari kamu tidak macet saat sedang asyik menulis dan kamu kehilangan kemampuan dan referensi untuk menjelaskan detail artikel kamu.

Siapkan beberapa referensi, kamu bisa mendapatkan referensi mengenai artikel kamu dari berbagai artikel lain yang masih memiliki keterkaitan erat dengan artikel yang akan kamu tulis.

Tulislah tanpa memikirkan banyak pertimbangan. Hambatan terbesar bagi seorang penulis adalah terlalu banyak mempertimbangkan kata-kata yang akan ditulis, mukadimah awal mukadimah akhir, kepantasan sebuah tulisan dll. Abaikan semua itu biarkan jari kamu mengetik semua yang ada dipikiran kamu yang sudah kamu batasi dengan referensi yang kamu dapat.

Perbanyak perbendaharan kata, baik itu persamaan kata, hubungan antar kata, dll. Semakin banyak perbendaharaan kata yang kamu punya, maka semakin mudah kamu menulis. Misalnya seperti ini:
Tips menulis artikel dapat kamu pelajari dengan cara banyak membaca
Kata diatas dapat kamu tulis ulang dengan perbendaharaan kata yang kamu miliki
Aktifitas membaca yang rutin merupakan salah satu tips menulis artikel yang dapat kamu gunakan.

Kamu lihat bagaimana barisan kata awal dapat kamu rubah menjadi kata-kata baru dengan makna dan tujuan yang sama persis tanpa menghilangkan kata kunci yang digunakan pada tulisan awal. Teknik ini disebut dengan menulis ulang atau biasa disebut oleh para blogger sebagai aktifitas rewrite.

Setelah kamu terbiasa dengan teknik menulis ulang, maka dengan sendirinya kamu akan terbiasa menulis artikel hanya bermodalkan referensi dari artikel lain.

Artikel Menarik Lainnya

1 comments :

Ade Putra Blog said...

wah, bermanfaat banger artikelnya gan..
nice post gan..
jangan lupa komen backnya di www.adeputra-pkp.blogspot.com

Post a Comment

Tinggalkan jejak Anda dikomentar ini.
Kami membutuhkan kritik dan saran Anda untuk kemajuan Blog ini.
Terima kasih sudah berminat untuk meluangkan waktu berkomentar disini, semua kritik dan saran Anda akan saya dengarkan untuk memajukan Blog ini.
Gunakan name/url untuk berkomentar.
Anonymous = Spam

---->>Alexa<-----

---->Histats<----

Link Sobat