Cara mendesain blog yang baik dan benar

Cara mendesain blog
Cara mendesain blog - Memiliki blog dengan tampilan desain yang bagus sebenarnya bukan hal mutlak yang harus dilakukan. Namun tampilan blog yang memikat tentunya akan memiliki banyak manfaat. Setiap orang menyukai keindahan, begitu juga visitor atau pengunjung blog. Desain sebuah blog yang memiliki karakter dan tampilan yang teratur, akan membuat visitor nyaman dan senang mengunjungi blog kita.

Sebagian para blogger mencoba untuk membuat tampilan blog mereka menjadi berbeda, namun terkadang keterbatasan pengetahuan mengenai cara mendesain blog membuat mereka melupakan dan mengabaikan point-point penting dalam mendesain sebuah blog.

Mendesain sebuah blog atau website memiliki panduan yang wajib di ikuti, agar hasil desain tersebut memberikan dampak maksimal pada blog kita. Berikut panduan cara mendesain blog yang benar

1. Tata letak

Tata letak atau kerangka sebuah template blog sangat penting, baik bagi kemudahan para pengunjung memahami semua isi blog. Buatlah tata letak yang teratur, seperti penempatan artikel terbaru, artikel lama, juga penempatan iklan jika blog kita menggunakan iklan.

2. Warna

Warna merupakan komponen penting untuk mendapatkan hasil maksimal ketika mendesain sebuah blog. Sesuaikan warna blog kamu dengan tema blog kamu. Contoh kesalahan pemilihan warna ketika sebuah blog memiliki tema kesehatan dengan warna blog hitam gelap. Warna yang tidak sesuai dengan tema blog akan membuat psikologis pengunjung menjadi tidak nyaman dan sulit memahami isi blog kita. Hindari juga penggunaan warna yang mencolok mata, Tidak satupun pengunjung akan betah jika cahaya warna blog mengganggu penglihatan mereka.

3. Gambar

Menggunakan gambar memang akan membuat blog menjadi lebih hidup dan dinamin. Namun kesalahan dalam menentukan ukuran gambar pada sebuah blog akan menghambat proses kecepatan loading blog. Faktor ini sangat berpengaruh pada tingkat kunjungan blog kita. Selalu gunakan gambar yang sudah terkompresi agar kecepatan loading tidak terganggu.

4. Navigasi

Navigasi atau petunjuk adalah nafas sebuah blog agar dapat meningkatkan lama kunjungan. Pemasangan navigasi yang asal-asalan berdampak pada waktu kunjungan visitor di blog kita. Gunakan navigasi yang sederhana namun dapat memberikan informasi yang jelas dan akurat bagi pengunjung mengenai halaman lain yang dapat mereka kunjungi.

Panduan cara mendesain blog seperti yang disebutkan diatas, harus benar-benar dipahami terutama kamu yang berniat menjadi seorang desainer template atau themes. Selain kemampuan teknis seperti pengetahuan mengenai HTML, CSS dan PHP. Panduan dasar dalam mendesain blog harus lebih dulu di pahami.

Artikel Menarik Lainnya

2 comments :

Unknown said...

info yang paten (y)

fiu s said...

blognya agan juga elegan nih ..mantap like it :) http://choppie88.blogspot.com

Post a Comment

Tinggalkan jejak Anda dikomentar ini.
Kami membutuhkan kritik dan saran Anda untuk kemajuan Blog ini.
Terima kasih sudah berminat untuk meluangkan waktu berkomentar disini, semua kritik dan saran Anda akan saya dengarkan untuk memajukan Blog ini.
Gunakan name/url untuk berkomentar.
Anonymous = Spam

.
.
.
.
.

---->>Alexa<-----

---->Histats<----

Link Sobat