Cara Membangun Blog Bagi Pemula

Seo merupakan sebuah ilmu optimasi untuk mendapatkan posisi di halaman mesin pencarian khususnya mesin pencari google. Begitu banyak para blogger berputus asa terhadap bagaimana memahami seo dan menerapkannya pada blog agar blog mereka mendapatkan pengunjung berlimpah dari mesin pencari.


Beberapa tahun lalu sebelum algorithma google berubah dan bertambah pintar, kekuatan sebuah seo terletak pada kuantitas backlink yang dimiliki oleh sebuah blog. Jadi jika anda ingin menempatkan blog anda pada posisi satu di halaman google, maka perjuangan menanam backlink sebanyak-banyaknya untuk blog anda merupakan sebuah kewajiban. Namun setelah perubahan yang terjadi secara mendasar pada algorihma google teknik seo menanam backlink sebanyak-sebanyaknya menjadi tidak berlaku lagi.

Perubahan ini sebenarnya merupakan anugerah terbesar bagi para anda yang tidak mengerti dan merasa putus asa terhadap ilmu seo. Dimana tanpa harus menjalankan ilmu seo tingkat tinggi, blog anda akan masuk paling tidak dihalaman 3 hingga halaman 5 google. Tentu bukan merupakan hal yang mengejutkan bagi para pakar seo, namun bagi anda sebagai seorang blogger pemula, hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan blog anda juga semangat anda.

Mendapatkan pengunjung untuk blog kita sebenarnya cukup mudah, beberapa riset sederhana telah penulis kerjakan dan sedikit memberikan pencerahan bagaimana caranya memperlakukan blog kita agar mendapatkan pengunjung setiap harinya.

Berikut tips mendapatkan posisi di halaman google bagi pemula

1. Domain Authority
Domain authority merupakan sebuah indikasi penting sebagai faktor penilaian google melakukan index halaman blog anda dan menempatkannya pada posisi terbaik di halaman google. Semakin tinggi authority domain anda, maka semakin cepat halaman anda terindex dan mendapatkan posisi di google. Point ini akan dengan sendirinya anda dapatkan seiring dengan perkembangan blog anda. Jadi jangan dijadikan ketakutan dalam membangun sebuah blog

2. Fokus pada tema
Usahakan blog anda fokus pada satu tema, dan hindari membuat blog gado-gado. Blog dengan satu tema lebih besar memiliki peluang masuk kehalaman google dengan kata kunci tertentu dibandingkan blog gado-gado. Jika blog anda mengangkat tema mengenai fashion maka teruslah fokus pada tema tersebut.

3. Tulislah Artikel Original
Artikel original merupakan elemen paling penting bagi blog anda untuk mendapatkan penambahan skor authority pada domain anda. Sebaiknya tinggalkan mimpi sukses dari blog copy paste. Bagaimanapun google telah benar-benar menerapkan aturan ketat terhadap kualitas artikel dan keoriginalannya. Menulis artikel original tidak harus bagus seperti layaknya seorang content writer majalah ternama. Anda cukup memastikan bahwa tulisan anda merupakan hasil karya dari isi kepala anda sendiri dan artikel yang anda tulis dapat dipahami oleh para pembaca.

4. Update
Point inilah yang menjadi batu ujian bagi para blogger. Melakukan update pada sebuah blog memang bukan perkara gampang. Namun jika anda benar-benar seorang blogger, maka pekerjaan ini adalah sesuatu yang mudah. Karena sesuai dengan arti dari nama blogger sendiri yaitu pengelola blog yang notabene mengelola kontent yang berbentuk artikel atau sejenisnya. Jika anda tidak mampu berarti anda belum menjadi seorang blogger tapi anda baru masuk dalam tahap sebagai Reader.

5. Sabar
Membangun blog yang populer tidak serta merta dalam satu hari atau satu minggu blog anda menjadi populer dan mendapatkan visitor dengan jumlah banyak. Membangun blog butuh kesabaran, minimal waktu yang dibutuhkan seorang blogger paling tidak 3 bulan untuk melihat hasil yang sudah ia kerjakan.

Kelima cara diatas jika anda terapkan secara kontinu, saya bisa menjamin dalam waktu 3 bulan blog anda akan mendapatkan visitor dan perlahan akan menjadi populer. Setelah anda melihat perkembangan blog anda barulah anda boleh mencoba berbagai teknik ilmu seo untuk anda terapkan pada blog anda.

Artikel Menarik Lainnya

3 comments :

Unknown said...

cara sperti itu spertinya sangat alami ya, alias tidak membohongi mesin google, boleh deh gan saya coba

firsan ali said...

nice postingannya gan, tambah ilmu lagi...

Minuman kesehatan said...

Iya, emang harus sabar...
Saya aja kmrn terlalu nggeber, malah kena pinalti google krn dianggap spam..
Jd skg lbh hati2...
Pelan2 tp ada peningkatan pengunjungnya...

jual barang unik, buku bantal, buku islami, powerbank, BB, mainan unik, mainan edukasi dengan harga sangattt menarrikkkkkkkkkkkkk

Post a Comment

Tinggalkan jejak Anda dikomentar ini.
Kami membutuhkan kritik dan saran Anda untuk kemajuan Blog ini.
Terima kasih sudah berminat untuk meluangkan waktu berkomentar disini, semua kritik dan saran Anda akan saya dengarkan untuk memajukan Blog ini.
Gunakan name/url untuk berkomentar.
Anonymous = Spam

.
.
.
.
.

---->>Alexa<-----

---->Histats<----

Link Sobat